Cara Install WordPress di RunCloud.io 2021 Gampang

Memiliki website dengan jumlah traffic banyak mengharuskan kita untuk memiliki server yang mumpuni dan juga cepat. Pada postingan kali ini, saya akan berbagia tutorial tentang cara install WordPress di Runcloud dengan server yang disimpan di Vultr.

RounCloud.io Sebagai Pintasan untuk Para Pengelola Server Website

Oke, mungkin disini belum pada faham ya tenatng sistem atau cara kerja runcloud, ada baikanya kita coba berkenalan dengan salah satu server management yang satu ini. Runcloud.io merupakan salah satu web aplikasi yang memiliki fungsi untuk memanage server atau vps dengan penggunaanya yang sangat simpel dan mudah. Kehadiran runcloud memungkinkan kita bisa menginstall berbagai jenis web aplikasi kedalam satu server tanpa perlu menggunakna banyak perintah console atau terminal.

Dengan bantuan runcloud, kita akan di persingkat dalam hal buil website dan pada pembahasan kali ini, kita akan coba bahas tentang Install WordPress dengan Rouncloud. Lalu, apa bedanya dengan fitur yang sudah ada di vultr saat ini yang bisa menginstall WordPress dengan bantuan One Click Install WordPress?

Cara Install WordPress di RunCloud.io 2021 Gampang
Perbedaan Vultr One Click Install WordPress dengan install di Runcloud – mangerik.com

Simplenya gini, jika kamu menggunakan One Click Install WordPress di vultr, maka kamu hanya akan memiliki satu wordpress saja dalam satu server tersebut. Jadi, jika kamu ingin menginstall wordpress lagi di Server yang sudah kamu install WordPress Sebelumnya, maka kamu harus install manual dan atau kamu harus membuat satu produk lainnya atau istilahnya adalah mendeploy ulang.

Lalu, kenapa tidak install saja ubuntu sendiri dan buat banyak web di server tersebut?

Nah ini dia nih, Menginstall website satu per satu dengan membuat server sendiri lewat vultr dengan ubuntu dll itu akan memakan waktu dalam proses development website. Kamu bisa menginstall banyak website atau aplikasi di satu server tersebut jika kamu memang nyaman menggunakna metode manual. Kita kembali lagi ke runcloud. Nah dengana danya runcloud, metode manual yang saya sebutkan diatas akan di persingkat dengan layanan runcloud dimana kita akan sangat di hemat dalam urusan waktu isntalasi website aplikasi ataupun wordpress yang akan kita bahas nantinya tanpa perlu abnyak step dan perintah pada terminal atau console.

Runcloud juga memiliki keunggulan dimana semua settingan untuk wordpress sudah di sediakan dalam satu layanana saja dan bisa kita nikmati sampai server kita tidak kuta lagi menampung aplikasi. Dalam arti lain , kita bebas menginstall wordpress hanya salam satu server dan bisa menginstall WordPress di runcloud sebanyak yang kita mau.

Baca juga : [Tutorial Lengkap] – Membuat Website Toko Online Dari 0 (Nol) Sampai Siap Jual

Dengan metode ini juga memungkinkan kita untuk menghemat budged developement dan maintenance website kedepannya karena dalam satu server saja kita sudah bisa menjalankan banyak aplikasi. Disni saya tidak mengharuskan anda untuk menggunakan runcloud sebagai server menagementnya, saya hanya menyarankan penggunaan ini untuk orang-yang ingin simpel dalam mengelola servernya.

Harga RunCloud dibanding Install Sendiri di vultr

Oke, disini saya ingin menjelaskan sedetail mungkin keuntungan dari menggunakan Runcloud sebagai server management.

Screenshot 53

Diatas adalah detail harga runcloud dengan berbagai fasilitas di dalamnya. Untuk kawan-kawan yang memiliki client website seperti website company profile, dan website standard lainnya bisa menggunakan Paket Basic.

Baca Juga :   10 Tema WordPress Gratis Terbaik Update [Edisi 2021]

Memiliki server yang mumpuni terutama untuk kawan-kawan yang memiliki client yang mengedepankan speed website, vultr dan runcloud adalah kombinasi yang bisa kawan-kawan pertimbangkan untuk kebutuhan mangement server dan website ketibang menggunakan hosting biasa.

Persiapan Install WordPress di RunCloud.io

Silahkan daftar terlebih dahulu di vultr disini dan juga runcloud disini. Untuk vultr, kamu bisa daftar lewat ling tersebut untuk mendapatkan bonus $100 promo kredit untuk kawan-kawan pakai sampai beberapa bulan kedepan jika dirasa masih ragu utnuk coba vultr. Saya rasa kawan-kawan datang ke artikel ini dikarenakan sudah faham vultr ya hehe.

A. Persiapan akun Vultr

  1. Masuk ke halaman Product dan klik pada tombol + dan klik pada text Deploy New Server
  2. Pada halaman Add New Server, Pilih Cloud Compute sebagai servernya, bisa di sesuaikan jika ingin yang lain
  3. Untuk lokasi, silahkan pilih sesuai kebutuhan dan juga tipe pengunjung dari negara mana saja, sebenarnya ini tidak terlalu berpengaruh karena yang saya test ternyata sama saja cepatnya, mungkin beda beberapa mili detik tapi buat saya itu cukup.
  4. Pada sesi Server type, pilih Ubuntu 18.04 x64 sejauh ini, ubuntu 18.04 x64 yang sudah saya test dan berhasil.
  5. Untuk server size, atur sesuai kebutuhan jika menggunakna banyak website,saran saya minimal dengan ram 2GB.
  6. Pada bagian Additional Features dibiarkan saja
  7. Startup Script di biarkan
  8. SSH Script dibiarkan
  9. Server Hostname & Label diberi nama sesuai keinginan.
  10. Jika semua sudah di isi, klik tombol Deploy Now dan tunggu sampai proses deploy selesai.

3. Persiapan Akun RunCloud.io

Silahkan daftar ke runcloud.io dengan mengisi semua form seperti kamu mengisi form pendaftaran biasa.

Setelah akun di verifikasi silahkan masuk ke halaman dahboard runcloud utnuk mulai cara install wordpress di runcloud. Pada halaman dashboard, silahkan klik pada tombol Connect a new Server dankamu akan diarahkan ke halaman koneksi ke server yang sudah kita buat sebelumnya di vultr.

image
Koneksi ke server vultr lewat runcloud untuk install wordpress

Pada halaman connect server, pilih vultr dan pilih provider type dengan mengklik Connect via IP Address.

image 2
Pemilihan server dan tpe koneksi pada runcloud

Untuk installation note, silhakn di baca sampai selesai ya usahakan kawan-kawan memahami apa yang akan terjadi dan apa saja informasi penting pada instalasi ini berjalan.

Pada bagianConfigure my server for, pilih saja Nginx. Untuk saat ini saya menggunakan opsi Nginx dikarenakan yang sudha saya test dari dulu sampai saat artikel ini dipublish saya masih menggunakan nginx dan masih merasa lancar.

image 3

Silahkan isi Server Name dengan nama server yang kamu kehendaki (bebas) dan untuk IP Address, silahkan isi dengan Alamat IP dari server yang sudah kita install sebelumnya di vultr.com lalu klik pada tombol Add this server.

Baca Juga :   Cara Daftar AWS Amazon Gratis - Trial 1 Tahun
image 4

Tahap selanjutnya adalah memilih jenis instalasi. Pada artikel ini kita akan menggunakan manual instalation dengan abntuan software Putty yang bisa kamu dowlooad secara gratis di Google.

Kenapa harus menggunakan manual installation?

Mungkin kawan-kawan bertanay soal ini ya, jadi jika kita menggunakan Direct Instalation, maka password yang ada di akun vultr tidak akan bisa di pakai untuk login ke server karena ketika menjalankan derect installation, password akan di hapus dan di agnti oleh sistem. Untuk menghindari lupa password, maka kita akan menggunakan metode installation manual dengan bantuan putty. Tidak perlu khawatir karena proses ini cukup simpel saja kawan-kawan tidak perlu ketik-ketik karena tinggal paste-paste saja.

Silahkan download dan install software putty dengan cara klik link diatas atau cari langsung di Google.

Buka software putty yang sudah kamu download dan install sebelumnya. Isikan ip address yang anda dapat di halaman vultr dan klik open.

image 7

Jika muncul tulisan atau pesan berbentuk popup, silahkan klik Yes saja dan tunggu hinggal terminala tau console atau cmd muncul seperti pada gambar dibawah ini.

image 8

Silahkan ketikan root seperti di gamabr diatas dan enter, lalu masukan password yang sudah kita dapatkan di vulter sebelumnya seperti pada data gambar dibawah ini. masukan password tersebut dengan copy paste saja. Perlu di ingat bahwa paste pada command prompt bukana menggunakan ctrl+ v melainkan menggunakan klik kana pada mouse lalu enter, jika login berhasil maka akan muncul tulisan atau tampilan kira-kira seperti berikut ini.

image 9

proses login ke PuTTY sudah berhasil dan saatnya kita kembali ke runcloud, pastikan kamu tidak menutup software putty selama isntalasi belum selesai ya.

image 6
Data login root vps vultr

4. Proses Koneksi Server Vultr dengan Runcloud.io

Step ini dilakuakn jika semua step diatas sudah bisa di jalankan. Kembali ke halaman isntalasi di runcloud, copy dan paste script yang di sediakan di halaman manual installation ke terminal atau ke command prompt yang sudah di loginkan tadi lalu klik enter untuk memulai instalasi secara lengkap.

image 10

proses ini memakan waktu hinggal 15 menitan sampai semua siap pakai. Cara ini dilakukan hanya satu kali saja untuk menampung domain-domain lainnya ke server yang sudah kita buat ini. Kedepannya kamu bisa install berapapun wordpress di server yang sudah kamu buat ini. Dengan catatatn kapitas server yang dibuat di vultr memadai atau cukup. pastikan kamu menggunakan server yang memang sesuai kebutuhan kamu ya. Untuk yang $5 saya rasa masih cukup menampung 5000 visitor per hari.

5. Proses Install WordPress di Runcloud

Setelah proses install server di runcloud selsai, maka kamu akan di berikan informasi password untuk akses ke mysql dan harap di simpan baik-baik ya supaya bisa digunakan dengan baik kedepannya.

Software putty sudah bisa di close dan sekarang silahkn masuk ke halaman dashboard runcloud untuk memulai install wordpress di runcloud server management. Di halaman dashboard, klik pada salah satu server yang sudah berhasil di koneksikan dengan runcloud dan kamu akna diarahkan ke halaman management server tersebut.

image 11

Di halaman detail server, kamu klik saja disebelah kiri dengan tulisan “Web Aplication”.

Baca Juga :   Cara Membuat Sticky Header di Elementor Free
image 12
Tampilan detail server di runcloud

Selanjutnya klik pada tombol dengan tulisan Create Web App dan kamu akan diarahkan ke halaman pembuatan aplikasi. Pada sesi ini, kamu pilih saja 1 Click WordPress.

image 13

Selanjutnya akamu akan diarahkan ke menu isian untuk wordpress ayng kamu akan install. Berikut hal-hal yang perlu kamu isi:

  1. Web Application Name (beri nama aplikasi wordress anda sesuai yang dikehendaki dan bisa juga dengan anam website).
  2. Domain Name -> Use my own domain / subdomain (gunakan opsi ini jika ingin menggunakan nama domain yang sudah di siapkan, setelah ini akan kita bahas cara koneksikan domainnya).
  3. Add this domain / subdomain to > Gunakan default saja
  4. Web Application Owner > Gunakan settingan default saja
  5. Web Application Stack > Untuk kawan-kawan ayng igin menggunaka plugins yang membutuhkan permission ke .htacess, silahkan gunakan NGINX + Apache2 Hybrid. Disini saya menggunakan settingan tersebut karena saya akan menggunakan banyak plugins yang membutuhkan akses ke httaccess seperti plugins untuk cache dll.
  6. WordPress > Pada sesi ini silahkan atur mulai dari judul website, user admin hingga password login admin
  7. Canvas > Tidak perlu di setting dan biarkan saja.
  8. Database > Untuk settingan database biarkan saja mengikuti sistem. Tetapi, jika kamu ingin menggunakan settingan pribadi silahkan saja

Pada tahap ini sudah selesai settingannya dan klik saja pada tombol paling bawah di halaman install wordpress di runcloud Add Web Aplication. dan tunggu hingga prosess installasi selesai.

Apakah sampai disini sudah selesai settingannya? Well, tentu asja tidak sampai disini kita perlu mengarahkan domain kita ke A Record pada settingan domain.

image 14
Setting A record pada domain yang sudah di install wordpress di runcloud

Proses pointing ini biasanya berlangsung dalam beberapa saat saja dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Dalam kasus ini, saya menggunakan cloudflare.

Dalam beberapa kasus, setelah proses install wordpress di runcloud ini terkadang mengalami kendalam seperti Error 502.

image 15
Error Server akses setelah install wordpress di runcloud.io

Cara mengatasi Error 502 di Runcloud

  1. Pada halaman dahboard server, klik satu server yang sudha berhasil di install dan pastikan domain sudah terkoneksi sebelumnya.
  2. Masuk ke menu Web Aplication dan klik domain yyang akan di perbaiki error 502 nya
  3. Klik pada pojok kanan ke tombol SSL/TLS
  4. Silahkan isi data ssl dengan ceklist enable http, http2
  5. Pilih Let’s Encrypt
  6. Pilih TLSv1.2 TLSv1.3
  7. Pilih http-01
  8. Pilih Live
  9. Klik Tombol Submit

Error tersebut saya dapatkan ketika memilih nginx tanpa htaccess. Setelah langkah diatas saya selesaikan, website sudah bisa di akses.

Terima kasih sudah berkunjung ke mangerik.com dan semoga artikel ini berguna dan bermanfaat untuk kawan-kawan yang sedang mencari cara install wordpress di runcloud.

Jika ada salah pengetikan dan juga salah teknis, bisa kabari saya di kolom komentar. Salam.

Apakah bisa Install Banyak WordPress di Satu Server dengan Runcloud?

Yap bisa banyak dan kembali lagi ke kapasitas server yang kamu pakai apakah memungkinkan di tambah wordpress pada server tersebut.

Bagaimana Cara Mengatasi 502 Error Setelah Install WordPress di RUncloud?

Ini terjaid bisanya dikarenakan SSL belum terinstall, masuk ke halaman web aplication dan klik webnya. Lalu, arahkan ke menu SSL dan setting SSL disana. Dijamin errornya akan hilang. Pastikan juga domain sudah di pointing ke server tujuan.

Leave a Comment