[Studi Kasus 1] Cara Membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest

[Studi Kasus 1] Cara Membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest

Table of Contents

Membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest – Pinterest to adsense, pinterest to mgid atau pinterest to amazon? Atau pinterest to Etsy? Halo semua kali ini saya akan membuat laporan studi kasus terkait website wallpaper to pinterest. Apakah trafficnya senikmat odading mang oleh atau tidak.

Selamat datang di mangerik.com, terima kasih sudah berkunjung. Postingan kali ini akan dibagi menjadi beberapa part dimana semua part adalah langkah-langkah yang saya kerjakan dimana ini membutuhkan proses yang tidak sebentar.

1. Apa Hasil Akhir yang Diharapkan dari studi kasus ini?

Dalam studi kasus website semi wallpaper to pinterest kali ini, diharapkan:

  • Website wallpaper yang dibangun mendapatkan traffic yang besar
  • Traffic aman untuk iklan adsense
  • Traffic aman untuk iklan mgid
  • Mendominasi wallpaper spesifik
  • Optimasi pencarian pinterest dengan bermain keyword yang tepat

Disclaimer

  • Cara yang saya gunakan tidak 100% aman karena ada saja halangannya.
  • Saya tidak menjamin anda mendapatkan traffic yang besar pula.
  • Praktek adalah jalan terbaik.
  • Saya akan coba buat update minimal satu bulan sekali untuk melihat hasil traffic yang didapatkan.

Oke, kita lanjutkan pembahasan tentang pinterest to Wallpaper blog.

2. Niche wallpaper yang di pakai

Studi kasus kali ini saya akan berfokus pada jenis wallpaper yang lebih spesifik. Tujuannya adalah untuk memperjelas apa yang akan dikerjakan dan apa yang akan di post serta bertujuan untuk mendominasi pencarian dengan spesifikasi niche (diharapkan).

Niche yang saya ambil adalah wallpaper tentang BTS. Niche jenis ini cukup banyak di cari di pinterest, anda bisa cek di trends.pinterest.com untuk memastikan niche yang anda garap adalah niche yang bagus.

3. Platform website wallpaper yang di pakai

Cukup dilema ketika saya memilih platform apa yang akan digunakan. Hampir satu bulan saya memikirkan platform apa yang akan saya pakai. Diawal saya coba wordpress dengan theme dari Adsensia dan plugin uploadernya yang bisa memudahkan saya meng-upload wallpaper. Setelah 5 hari menggunakan wordpress, saya putuskan untuk pindah ke blogger. Alasannya, karena wordpress dengan hosting biasa tidak akan mampu menampung traffic jika suatu saat website yang saya bangun mendapatkan banyak traffic. Adapun dengan vps, saya tidak terlalu yakin karena biaya yang cukup besar. Walaupun ada versi murah seperti $10 seperti yang ada di vultr ataupun digitalocean, sangat di sayangkan jika itu blog baru.

Jadi, pilihan terakhir adalah blogger dengan alasan space yang unlimited juga bisa menampung traffic cukup banyak dan bisa stabil. Kekurangannya adalah tidak bisa upload massal seperti mass uploader milik Adsensia walaupun bisa dengan cross posting wordpress atau dengan teknik import xml.

4. Tools lain yang dipakai untuk kebutuhan website wallpaper

Disini saya coba untuk setransparan mungkin agar informasi yang saya sampaikan lengkap dan bisa kawan-kawan praktekkan walaupun tidak saya jamin berhasil untuk semua orang.

1. Software Ninja Pinner

Software satu ini adalah software yang sangat berguna untuk kebutuhan pinterest. Tetapi, saya hanya menggunakan ninja pinner hanya untuk mendownload masal gambar pin di pinterest untuk saya upload ulang.

Dengan ninja pinner, kita bisa kita bisa download gambar secara massal sesuai dengan kata kunci dan niche yang sudah ditentukan sebelumnya. Anda juga bisa gunakan software atau aplikasi lain untuk download gambar.

2. Instagram download chrome extension

Selain gambar dari pinterest, saya mengambil sumber gambar yang ada di Instagram menggunakan extension ini. Anda bisa download secara gratis di Google extension store. Download dengan cara masuk ke akun penyedia gambar yang anda target dan download keseluruhan gambar. Proses download tergantung dari koneksi dan banyaknya gambar yang diunduh.

3. Software Bulk Renamer windows

Software satu ini saya pakai untuk memberikan nama secara massal pada gambar yang sudah saya download sebelumnya. Sedikit rahasia. Untuk website wallpaper, direkomendasikan untuk mengoptimasi mulai dari nama gambar, alt pada gambar. Karena jumlah gambar yang kita upload akan sangat banyak, maka kita juga perlu tools yang canggih untuk memberikan nama dengan cepat.

Studi Kasus 1 Cara Membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest
Software bulk Rename

Memberikan nama pada gambar juga tidak boleh sembarangan karena berpengaruh dengan kata kunci yang ada pada postingan hingga berpengaruh pada pencarian entah itu google ataupun pinterest itu sendiri.

Tips mencari nama yang benar untuk gambar wallpaper.

  • Gunakan selalu tools pencari keyword seperti keywordtools.io untuk mendapatkan kata kunci yang bagus untuk dijadikan nama di gambar yang akan kita upload. Saya pribadi menggunakan keywordtool.io untuk kebutuhan pencarian kata kunci.
  • Carilah keyword yang kompetitor nya rendah tetapi dengan tingkat volume pencarian tinggi. Jarang sebenernya, cuma ya minimal medium lah.
  • Karena kita fokus di pinterest, kita akan gunakan trends.pinterest.com untuk mencari kata kunci yang volume pencariannya tinggi di pinterest.

5. Template blogger Untuk Website Semi Wallpaper to Pinterest

Untuk template, saya menggunakan template wallpaper dari fyi yang saya modif bagian postingan nya. Kawan-kawan bisa gunakan template yang lain jika dirasa kurang cocok dengan template tersebut. Template FYI sendiri bisa kawan-kawan download di situs resminya secara gratis. Adapun versi berbayar seikhlasnya dengan menghubungi author dari template tersebut. Keunggulannya adalah anda bisa menghapus copyright. Karena kebutuhan website untuk jangka panjang, maka saya putuskan untuk beli dan hapus copyright dari author nya.

6. Teknik memposting wallpaper di Blogger

Seperti yang saya sampaikan diatas, dikarenakan menggunakan blogger, mau tidak mau saya harus memposting setiap wallpaper satu persatu dengan judul yang sama dengan nama pada gambar. Sampai dengan postingan ini saya edit di tanggal 3 Oktober 2020, saya baru bisa memposting 87 postingan dan 189 draft yang siap di publish.

Jika menggunakan wordpress, saya bisa memposting ribuan gambar dalam sehari. Karena kita akan fokus ke website yang super aman (amin) dari blacklist google ada aman untuk adsense, setiap postingan yang saya posting haruslah bagus dan berkualitas. Sebenarnya saya juga tidak terlalu yakin apakah website ini akan bertahan lama dan apakah bisa masuk ke page one google kedepannya. Kembali ke pinterest.

Rencananya saya akan posting wallpaper di blog sebanyak 15-20 wallpaper per hari. Dengan harapan mendapat 450-600 wallpaper per bulannya. Wow cukup banyak ya. Hehehe semoga tercapai. Semua diawali dengan niat dan kerja keras. Semoga lancar.

Untuk memaksimalkan pekerjaan, saya usahakan memposting wallpaper di blog di waktu senggang dimana saya bisa memposting wallpaper lebih banyak dan bisa saya jadwalkan.

Jadi saya memposting wallpaper untuk hari-hari berikutnya supaya saya tidak dikejar jam tayang. Setiap postingan yang saya upload tidak langsung saya publish melainkan saya jadikan jadwal dengan settingan satu jam satu postingan atau lebih tergantung sikon saja. Intinya saya tidak pernah memposting banyak post dalam waktu yang sama untuk menghindari notif spam dari webmaster dan juga pinterest itu sendiri.

7. Teknik Memposting wallpaper ke Pinterest

Oke, untuk memposting sendiri sebenarnya ada banyak cara, saya coba contohkan beberapa saja yang saya tahu ada dua jenis teknik memposting yang pertama dengan metode serba otomatis dan yang kedua adalah manual.

1. Manual Posting

Teknik ini masih saya lakukan untuk beberapa blog tergantung jumlah postingan yang saya post setiap harinya. Untuk website semi wallpaper to pinterest yang saya garap kali ini saya masih menggunakan metode manual karena di website yang saya fokuskan ini ada kategori lain selain BTS dan setiap postingan selalu saya masukan ke board spesifik untuk mempermudah optimasi.

Untuk mempermudah kecepatan memposting ke pinterest, saya menggunakan aplikasi blogger yang ada di android. Di aplikasi tersebut sudah ada tombol share dengan cepat dan tanpa perlu mengisi judul dll. Berbeda jika kita memposting dengan aplikasi pinterest ataupun di situs pinterest langsung dengan desktop, kita harus mengisi kembali judul dll. Dengan adanya aplikasi blogger ini, saya hanya memerlukan 3-4 kali setiap kali akan memposting. tanpa ketik-ketik tambahan.

Manual posting website semi wallpaper to pinterest

Manual posting website semi wallpaper to pinterest

2. Automatic Posting

Oke, yang ini akan saya uraikan lagi karena teknik automatic ini ada beberapa tools ataupun jalur yang bisa kita tempuh, yang pasti versi automatic ada yang berbayar ada pula yang gratis.

2.1 Automatic Posting menggunakan IFTTT

Ok, yang satu ini saya pakai untuk website wordpress saya karena ini sangat membantu saya mempersingkat proses share ataupun posting ke sosial media seperti pinterest. Dengan Ifttt, kita bisa memposting artikel terbaru secara otomatis ke pinterest hanya dengan sekali setting saja. Jadi, ketika saya selesai membuat dan mempublish postingan, IFTTT akan mengecek secara otomatis apakah ada postingan terbaru di feed atau rss milik kita. Jika ternyata ada, maka IFTTT akan segera memposting artikel tersebut ke akun pinterest dan boards yang sudah kita setting sebelumnya. Untuk tutorial akan saya buatkan postingan khusus tentang Cara Setting IFTTT untuk Blog to Pinterest.

Selain pinterest, IFTTT juga bisa kita gunakan untuk sosial media dan platform lainnya seperti tumblr, instagram, fanspage, dan lain sebagainya. Dengan adanya ifttt, kita akan sangat dimudahkan dalam urusan posting-memposting dan share.

2.2 Automatic Posting menggunakan Software Pinflux

Oke, yang satu ini saya tidak terlalu suka karena ini harus berjalan diatas sistem operasi dan tidak berbasis cloud. Walaupun fitur yang disajikan pinflux cukup bagus seperti auto follow, auto comment, schedule post, repin dll, saya tetap kurang suka karena harus terus diaktifkan software tersebut untuk kita tetap bisa menjalankan semua fitur yang ada. Jika anda mau mengeluarkan budget lebih besar, mungkin bisa membeli RDP atau vps untuk menjalankan software tersebut.

Saya juga membuatkan tutorial untuk kawan-kawan tentang Cara Daftar AWS amazon Gratis Trial 1 Tahun yang bisa kawan-kawan semua praktekan dan berguna untuk menjalankan bot seperti pinflux ini. Disclaimer, trial amazon diatas hanya untuk ram 1gb saja. Jadi, gunakan saja sebijaknya. Pinflux kadang berat.

Software pinflux sendiri merupakan software berbayar dan bisa anda beli di situs resminya atau bisa juga ke agency atau vendor lain yang ada di indonesia. Bisanya mereka memberikan harga murah untuk versi agency dengan banyak bonus (Kalo mau di buat link ke vendor silahkan chat admin wkwkw).

Kekurangan lainnya dari Software Pinflux adalah kita harus memasukan API pinterest dimana ini menurut saya terlalu ribet untuk software yang tujuannya otomatis. meskipun ada tutorial di dalamnya, tetap saja kurang wort it menurut saya karena update terbaru pinterest, kita diwajibkan request terlebih dahulu untuk mendapatkan API. Jadi cukup lama.

2.3 Automatic Posting menggunakan Software Jarvee

Oke, yang satu ini cukup keren karena selain pinterest, software automatic ini memiliki fitur untuk sosial media lainnya seperti instagram, linkedin, facebook, youtube hingga tumblr. Walaupun konsep kerjanya mirip dengan pinflux, Jarvee sendiri bisa kita gunakan tanpa perlu memasukan API kedalam software tersebut.

Fitur Jarvee tidak jauh beda dengan software lainnya seperti auto follow, auto unfollow, auto comment, hingga auto schedule post.

Untuk harga bisa dicek saja di situs resminya (jika pihak jarvee ingin ada link sponsor juga bisa chat saja hehee).

2.4 Automatic Posting menggunakan Software Ninja Pinner

Ok ini yang terakhir ya karena sudah terlalu panjang pembahasannya, kawan-kawan bisa pilih saja mau menggunakan yang mana.

Software yang satu ini sudah saya bahas di atas di bagian tools yang saya pakai, walaupun fiturnya cukup bagus, ninja pinner hanya saya pakai untuk mendownload gambar di pinterest secara massal saja. Tidak yang lain karena semua sudah saya kerjakan dengan metode manual dan ifttt.

Dari tools di atas kalian bisa pilih salah satu saja mana yang memang cocok untuk kalian pakai. Saya pribadi sudah infokan hanya menggunakan ifttt dan manual untuk kebutuhan post ke pinterest dan manual post untuk blogger.

8. Perkembangan Akun Pinterest dan Traffic

Sejak artikel ini di posting, saya akan infokan detailnya dari mulai jumlah followers, traffic yang didapat, hingga analytics lainnya.

Seperti yang saya infokan diatas, update akan saya lakukan satu bulan setelah postingan ini di publish. Semoga saja hasilnya memuaskan. Sama halnya dengan blog, akan saya update setiap sebulan sekali berbarengan dengan studi kasus berikutnya. Berikut adalah laporan dari blog yang dibangun dengan wordpress.Website Semi Wallpaper to Pinterest

Website Semi Wallpaper to Pinterest

Seperti yang bisa kita lihat, traffic yang masuk bukan hanya dari pinterest saja melainkan dari bing dan juga google yang memang menjadi tujuan saya juga untuk masuk ke search engine selain hanya mendominasi di pinterest.

9. Kesimpulan [Studi Kasus 1] Cara Membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest

Saya rasa ini sudah terlalu panjang pembahasannya ya. Tujuannya adalah untuk memberikan gambaran jelas tentang bagaimana saya mendapatkan traffic dari pinterest entah itu untuk kebutuhan adsense dan lainnya.

perlu diingat bahwa website wallpaper dan semi wallpaper sendiri adalah website dengan tingkat resiko yang cukup tinggi dikarenakan minimnya text, adapun yang semi wallpaper seperti di isi dengan artikel panjang atau generate artikel itu bisa membahayakan akun adsense ataupun akun pinterest itu sendiri.

Sedikit tips untuk kamu yang akan membanung website semi wallpaper to pinterest agar tetap aman dalam mendapatkan traffic.

  • Selalu tambahkan text di akhir artikel tentang bahasan dimana gambar tersebut adalah bukan milik anda (jika benar) dan infokan juga text berupa pemberitahuan jika dirasa gambar ini milik anda, silahkan hubungi tim untuk mendapatkan link menuju original version atau menghapusnya.
  • Gunakan gambar versi original untuk mendapatkan atensi lebih agar pengunjung mau melihat wallpaper lain di menu website. Ada banyak website semi wallpaper yang hanya copas saja tanpa di cek kualitas gambar , alhasil pengunjung sudah tidak betah saat datang ke website dan dipastikan akan pergi.

Ok, mungkin itu saja studi kasus pertama saya untuk Membangun website semi wallpaper to pinterest. Semoga bisa memberikan gambaran tentang bagaimana saya mengerjakan dan mendapatkan traffic dari pinterest. Ini bukan website pertama saya untuk traffic pinterest, website lain yang berfokus ke blog pribadi, blog giveaway dan lainnya sudah saya kerjakan jauh sebelum ini dengan teknik yang tidak jauh beda dengan studi kasus saya kali ini.

10. Update Approve Adsense

Sekitar lima jam setelah artikel ini di publish, saya mendapatkan notifikasi dari google bahwa website yang saya ajukan dengan konten wallpaper sudah di approve. Dengan kata lain, website wemi wallpaper yang saya kerjakan saat ini sudah memenuhi syarat untuk bisa menayangkan iklan, hehehe rezeki hanya akan diberikan untuk orang yang bekerja keras bung.


Untuk detail Pendaftaran akan saya buat artikel terpisah. Pastikan subscribe di email list saya untuk dapatkan notifikasi tentang update studi kasus kedepannya.

Share artikel Website Semi Wallpaper to Pinterest ini jika bermanfaat, kirimkan komentar juga jika ada kesalahan dalam teknik maupun pengetikannya.

Terima kasih sudah berkunjung di mangerik.com dan salam sukses.

Apa itu Website Semi Wallpaper?

Website Semi Wallpaper to Pinterest adalah website yang memberikan konten berupa gambar tetapi tidak sepenuhnya gambar , biasanya diisi dengan konten berupa text dll di dalamnya.

Platform apa yang digunakan untuk membangun Website Semi Wallpaper to Pinterest?

Anda bisa menggunakan platform blogger atau juga wordpress tergantung kesiapan masing-masing. Jika anda ingin serba cepat, saya rekomendasikan menggunakan WordPress.

Apakah Website Semi Wallpaper to Pinterest ini Aman untuk Adsense?

Sejauh Ini saya belum bisa memberikan penjelasan tentang aman atau tidaknya Website Semi Wallpaper to Pinterest untuk adsense karena saya masih dalam tahap pendaftaran. Segera saya update jika sudah diterima google Adsense.

Apa itu Software pinflux?

Pinflux adalah software untuk kebutuhan optimasi pinterest secara otomatis, semua kegiatan seperti follow, unfollow, comment, pin, repin sampai dengan send message bisa dilakukan secara otomatis dengan software pinflux.

Apakah Software Jarvee bagus untuk Website Semi Wallpaper to Pinterest?

Sejauh ini saya menggunakan jarvee untuk kebutuhan auto follow dan cukup bagus hasilnya. Saya juga menggunakan jarvee untuk meningkatkan audience instagram dan Linkedin.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *