[Tutorial Lengkap] – Membuat Website Toko Online Dari 0 (Nol) Sampai Siap Jual

Dikala pandemi seperti ini, banyak pengusaha yang memiliki bisnis offline harus dan bahkan mau tidak mau membuat bisnis mereka menjadi online. Pada artikel kali ini saya akan coba memberikan tutorial tentang cara membuat website toko online dengan wordpress secara lengkap dari awal hingga bisa menjual produk dalam website yang kita buat.

Keuntungan Memiliki Website Toko Online Sendiri

Jika berbicara soal keuntungan, pastinya ada banyak sekali yang bisa kita nikmati dan peroleh dari membuat website online store sendiri seperti berikut ini:

  1. Menjadi Brand Identity dari sebuah usaha.
  2. Semua transaksi langsung di transfer ke rekening pribadi atau bisnis tanpa perlu menunggu kliring.
  3. Bebas Mengatur diskon dan promosi barang atau jasa yang kita buat pada website toko online.
  4. Tidak ada batas aturan produk apapun yang akan kita jual.
  5. Transaksi sepenuhnya online.
  6. Data transaksi pembeli bisa kita buat menjadi database funnel.

Sebenarnya ada banyak hal lainnya yang belum saya sebutkan, intinya, memiliki toko online sendiri dikala pandemi seperti ini adalah salah satu usaha untuk terhindar dari ancaman ekonomi yang buruk dengan memindahkan segala barang yang kita jual ke dalam suatu platform online untuk meminimalisir pertemuan yang sudah kita tahu bersama bahwa pandemi ini mengharuskan kita untuk jaga jarak.

Dengan adanya platform online ini, diharapkan pembeli tidak perlu keluar rumah untuk membeli barang yang ada di toko kita. Mereka cukup masuk ke dalam website dan bisa mulai bertransaksi di dalamnya.

Persiapan Membuat Website Toko Online Dari Nol Sampai Siap Jual

Sebelum kita bahas lebih jauh, alangkah bagusnya kita memahami apa saja bahan-bahan yang perlu kita siapkan untuk membuat website toko online. Disini saya akan deskripsikan detail dari apa saja yang perlu disiapkan beserta biaya yang harus ditanggung dalam membuat website toko online. Saya juga akan membagikan beberapa perbandingan harga dari beberapa penyedia yang mungkin bisa anda pilih sesuai budget.
Perlu diingat bahwa membuat toko online itu tidaklah gratis.

Ada hal-hal yang harus kita persiapkan seperti domain (Nama suatu website yang menjadi identitas suatu usaha untuk bisa diakses secara online seperti mangerik.com). Karena membeli jasa pembuatan website toko online itu cukup mahal, maka saya disini akan memberikan tutorial lengkapnya untuk anda yang memiliki budget minim untuk bisa membuat website toko online anda sendiri. Tidak perlu menyewa jasa, anda bisa membuatnya sendiri dirumah bahkan dalam hitungan jam. Jangan lupa untuk terus baca sampai akhir ya.

Disclaimer

  1. Tutorial ini dibuat bertujuan untuk memberikan wawasan kepada orang-orang bahwa setiap orang bisa membuat toko onlinenya sendiri.
  2. Contoh toko online pada website yang akan saya buat hanya sebatas demo untuk memberikan gambaran kira-kira akan seperti apa bentuk dari website ketika sudah jadi.
  3. Tutorial ini juga akan ada versi pdf dimana bisa anda download melalui link di akhir tutorial.
  4. Estimasi pengerjaan 1-3 jam untuk pemula dan 30-60 menit untuk yang sudah mahir (biasanya).

Daftar Isi Tutorial Lengkap Membuat Website Toko Online

Berikut adalah list langkah-langkah yang harus kita tempuh untuk membuat website online store. Setiap step merupakan hal yang memang perlu dilakukan untuk bisa membuat full website. Jadi diperhatikan baik-baik ya.

List dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu setiap sesinya dengan tujuan anda semua mengerti bagaimana step dan juga pengertian dari setiap bahan yang disiapkan. Jadi mohon disimak dengan baik.

  1. Pemilihan Nama Domain + Daftar Domain (Biaya satu domain .com 80rb-130rb).
  2. Daftar Hosting (Harga hosting mulai dari 99rb per tahun sampai 1 juta tergantung kebutuhan).
  3. Install WordPress.
  4. Install Tema WordPress (Akan saya share gratis).
  5. Install Plugin yang dibutuhkan
  6. Setting Theme dan Plugin
  7. Setting plugin Ongkos Kirim
  8. Setting Plugins Metode Pembayaran
  9. Setting Plugins Notifikasi Pesanan Lewat WhatsApp
  10. Upload Produk
  11. Membuat Halaman konfirmasi pesanan.
  12. Test pesanan
  13. Revisi Minor Website
  14. Selesai

Oke, mungkin akan menjadi pembahasan yang sangat panjang ya. Saya jamin tutorial kali ini saya sajikan dengan cara yang simpel dan mudah di fahami untuk berbagai kalangan. Setelah anda selesai membuat toko online anda sendiri, saya sarankan untuk membaca artikel lainnya tentang cara mengelola website toko online, hingga cara mengiklankan website toko online anda di sosial media maupun di pencarian seperti google ads.

1. Pemilihan Nama Domain

Untuk yang belum mengerti tentang apa itu domain, akan saya jelaskan sedikit. Domain sendiri adalah nama dari suatu website yang bisa kita akses lewat internet, layaknya rumah, setiap rumah pasti memiliki yang namanya alamat. Yap Domain berarti alamat untuk kita berkunjung ke rumah atau suatu website agar bisa melakukan aktivitas seperti bertransaksi dll. Berbeda dengan alamat rumah, setiap domain di wajibkan memilih ekstensi untuk alamatnya. seperti .com dan yang lainnya.

Untuk memilih domain sendiri saya sarankan jangan asal-asalan karena nama domain bisa mempengaruhi brand dan juga performa dari suatu toko. Jika anda sudah memiliki nama usaha, maka anda bisa membuatnya mirip dengan nama usaha yang sudah anda miliki.

Domain sendiri ada banyak ekstensinya atau jenisnya. ekstensi domain yang sering kta jumpai adalah .com, .Net, .co.id dan masih banyak lainnya.

Tempat Beli Domain Murah

Adapun tempat membeli domain yang sekiranya murah, anda bisa mencari promo-promo penyedia domain Seperti rumahweb, niagahoster, hostinger dll.

Saya pribadi membeli keperluan domain biasanya di porkbun.com atau kadang di alibaba cloud dengan cara mencari diskon domain. Heheh Maklum pemain murahan ya begitu.

Dalam tutorial ini saya akan bagikan tutorial membeli domain lewat niagahoster. Ketika artikel ini dibuat, harga domain .com adalah 125rb di tahun pertama dan 145rb di tahun kedua.

image 4
Beli domain di niagahoster https://www.niagahoster.co.id/domain-murah

Setelah memasukan nama domain, silahkan klik tombol cek domain dan anda akan diarahkan ke halaman pengecekan ketersediaan domain seperti gamabr diabawah ini.

kursus membuat website toko online
Cek ketersediaan nama domain di niagahoster

Jika sudah dirasa cocok dengan nama domainnya, klik tombol add to cart dan selanjutnya anda akan di arahkan ke halaman pilihan pembelian hosting.

image 6

Pada gambar diatas anda bisa memilih paket dengan hosting. paket tersebut diantaranya penawaran untuk hosting. Hosting sendiri akan saya jelaskan di bawah.

Pada tutorial kali ini saya memilih memisahkan domain dan hosting karena hosting yang saya gunakan saat ini terpisah dengan domainnya. Akan saya infokan tutorial cara menyambungkan domain dengan hosting sampai selesai. Jadi jangan kabur dulu ya.

Baca Juga :   Cara Delist IP Adress yang Terblokir di Outlook 2021

Setelah memilih nama domain, silahkan lanjutkan untuk proses pembayaran dengan bank ataupun virtual account yang anda kehendaki.

Proses registrasi biasanya memakan waktu antara 10-30 menit untuk mengkonfirmasi domain yang kita pesan. Setelah domain berhasil di order, kita akan lanjut dengan pembelian hosting.

2. Beli Hosting Murah

Baik setelah kita mengerti apa itu domain, kini kita lanjutkan dengan hosting. Hosting sendiri bisa kita ibaratkan sebagai rumah. Jika domain adalah alamat atau nama tempatnya, maka hosting adalah tempat dimana domain itu disimpan atau tempat bagi suatu alamat untuk kita datangi.

Intinya, hosting berfungsi untuk menyimpan segala hal tentang website toko online yang akan kita bangun nanti seperti file gambar, text, video dan data lainnya yang diperlukan hingga menjadi suatu kesatuan.

Tempat beli Hosting Murah di indonesia

Untuk membeli hosting sendiri ada beberapa kriteria yang perlu kita perhatikan seperti space hosting yang artinya seberapa banyak kapasitas penyimpanan hosting tersebut untuk menampung semua file website kita, tipe hosting dimana ada yang shared (ini yang akan kita pakai) dan ada juga yang private (khusus untuk tinggat lebih tinggi, tutorial akan saya buatkan terpisah jika diperlukan).

Berikut tempat membeli hosting murah :

  1. Niagahoster (Banyak diskon di halaman promo)
  2. Hostinger (Promo 20% – 50%)
  3. Nusantarahost (Biasanya ada promo 99rb di tahun pertama)
  4. Hoster (Banyak promo 99rb biasanya)
  5. Hostgator (Hosting luar negeri)
  6. Bluehost (Buy hosting in cheap price)

Untuk anda yang masih terkendala budget, saya rekomendasikan membeli hosting di nusantarahost dahulu. Di Nusantarahost sendiri memberikan diskon hosting dengen performa cukup bagus dan dengan harga yang cukup murah.

Sedangkan untuk yang memprioritaskan support, saya sarankan gunakan niagahoster saja. Untuk contoh kali ini saya akan gunakan nusantarahost sebagai hosting dan porkbun.com sebagai tempat domainnya.

image 7

Untuk Proses koneksi domain ke hosting sendiri prosesnya tidak jauh beda dengan penyedia layanan lainnya. Yang membedakan hanya dari sisi tampilan di masing-masing website saja. Alasan saya menggunakan porkbun seperti yang saya sebuatkan diatas adalah porkbun sering memberikan diskon domain untuk pengguna baru maupun pengguna lama.

Jika anda sudah membeli domain dan hosting di niagahoster, maka proses koneksi domain dan hosting tidak perlu dilakukan karena sudah satu server dan tim cs akan bantu sampai website bisa di akses.

Koneksi Domain ke Hosting dari Porkbun.com ke Nusantara Host

Pada step ini kita akan koneksikan domain ke hosting dengan cara memasukan sebuah nameserver supaya domain bisa terkoneksi dengan hosting.

image 9

Nameserver disediakan oleh penyedia hosting, jadi anda bisa meminta detail nameserver ke cs masing-masing dan dalam hal ini, anda bisa memintakanya ke cs nusantarahosting.

Dalam hal ini, nameserver nusantarahost adalah ns1.nusantarahost.com dan ns2.nusantarahost.com nameserver ini lah yang akan kita masukan ke pengaturan namesever pada domain. berikut langkah-langkahnya.

Langkah pertama pastinya anda sudah membeli domain di porkbun.com dan login.

image 8

Setelah berhasil login, masuk ke domain management dan klik details pada domain yang akan di koneksikan dengan hosting tempat website toko online yang akan kita bangun.

image 10

Klik pada authoritative nameserver dan pastekna nameserver yang sudah saya infokan diatas. Ingat setiap nameserver memiliki nameserver masing-masing, jadi tanyakan kepada cs jika masih kurang yakin.

image 11

Untuk mengtahui apakah nameserver sudah berhasil di koneksikan dengan hosting, anda bisa akses situs intodns.com dan ketikan nama domain anda. Jika sudah berhasil, maka tulisan pada name server akan berubah menjadi nama server nusantarahost seperti yang sudah di setting sebelumnya.

image 12
Cek status nameserver terkoneksi dengan hosting tujuan

3. Cara Install WordPress untuk Membuat Website Toko Online

Setelah berhasil mengkoneksikan domain ke server/hosting, kita akan coba install wordpress. WordPress sendiri adalah sebuah platform untuk kita memanage semua hal tentang website toko online yang kita bangun seperti update barang, edit kontak, dll.

Seperti yang saya infokan diatas bahwa saya akan menggunakan nusantara host untuk menyimpan file website.

1. Install WordPress lewat Cpanel

Langkah pertama silahkan login ke member area masing-masing. JIka anda menggunakan hosting di tempat lain selain nusantara seperti hoster, niagahoster dll mungkin tampilannya agak beda tapi alurnya tetap sama.

image 13

Klik pada layanan yang sudah kita order.

image 14

Lanjut dengan klik Login to Cpanel. Setiap hosting bisanya ada tombol yang sama, jadi silahkan klik tombol atau link tersebut untuk bisa mengakses Cpanel.

image 15

Halaman Cpanel setiap hosting biasanya memiliki tampilan yang sama jadi pada step ini saya rasa semuanya akan bisa mengikuti saya dari manapun hosting yang anda pesan. Berikut tampilan dari Cpanel yang sudah kita login lewat Hosting.

image 16
Tampilan Cpanel NusantaraHost untuk membuat website toko online

Scroll ke paling bawah di bagian Script dan anda akan menemukan icon WordPress seperti pada tampilan dibawan ini. Klik dan anda akan diarahkan he halaman Instalasi WordPress.

image 17

Pada halaman ini, silahkan klik Install Now.

image 18

Silahkan isi semua bidang atau form yang tersedia pada halaman instalasi WordPress seperti diabwah ini. Pastikan anda mengisi dengan benar. Pilih ssl agar website anda bisa di akses dengan mode aman. Setelah di isi, silahkan scroll kebawah dan klik install.

image 19

Proses install bisanya berlangsung beberapa detik saja tergantung dari koneksi dan juga server masing-masing. Ada yang sampai 3-4 menit pula.

image 21
image 22

Proses instalasi WordPress untuk membuat website toko online sudah selesai dan anda sudah resmi memiliki website yang sudah bisa di akes oleh siapa saja, kapan saja dan dimana saja.

Setelah menginstall WordPress, adan akan diberikan dua akses.

  1. Akses ke domain yang bisa di kunjungi oleh siapa saja
  2. Akses ke Admin (wp-admin) yang hanya bisa di akses oleh pemilik toko online saja.

Setiap website yang dibangun dengan wordpress, memiliki akses url yang sama di akhir domain yaitu menggunakan wp-admin (namadomain.com/wp-admin). Perhatikan gamabr dibawah ini. yang saya tandai dengan warna hijau berarti domain utama web toko online yang bisa di akses oleh semua orang.

Yang saya tandai warna merah berarti hanya bisa di akses oleh admin atau orang yang memiliki akun admin saja.

image 23

Jika tampilan sudah seperti diatas, anda bisa langsung auto login dengan klik link dengan akhiran wp-admin. Anda akan diarahkan ke halaman admin untuk melakukan editing website sepcara keseluruhan.

image 24
Tampilan Halaman Awal Admin WordPress untuk membuat website toko online

4. Install Theme (Tema) WordPress Toko Online

Pada tahap ini saya harapkan anda sudah faham dengan penjelasan saya tentang membuat website toko online yang akan kita buat kali ini, mulai dari apa apa yang akan kita buat, apa saja yang perlu disiapkan.

Karena kita sudah selesai menginstall WordPress, kita akan lanjutkan dengan install theme atau bahasa indonesianya tema wordpress. Dengan hanya menginstall wordpress saja, kita belum bisa membuat toko online, kita harus menginstall yang namanya Theme dan juga Plugins diaman kedua hal ini sangat penting untuk melangkapi suatu website onlien store.

Baca Juga :   Cara Install Wordpress di RunCloud.io 2021 Gampang

Perkenalan Theme Woostify

image 25

Pada kesempatan kali ini, saya akan menggunakan Theme dari Woostify. Theme Woostify adalah salah satu theme wordpress yang di khususkan untuk membuat website toko online yang sudah cukup lengkap fiturnya.

Theme Woostify sendiri seperti yang saya sebutkan diatas ada dua versi yaitu free dan pro, kita akan menggunakan versi free saja ya karena menurut saya ini sudah cukup. Tapi, jika anda merasa ingin mendapatkan fitur lebih, anda bisa membeli fitur pronya disini.

Install Theme Woostify untuk membuat Website Toko Online

Pada halaman Dashboard, klik pada menu Appearance > Theme > Add New.

image 26
Install theme woostify

Ketikan pada kolom pencarian dengan kata kunci Woostify dan tunggu beberapa saat hingga muncul tampilan theme woostify dan klik tombol Install yang muncul ketika kursor diarahkan ke item theme seperti dibawah ini.

image 27

Proses Instalasi tergantung pada server dan koneksi internet yang anda miliki. JIka sudah selesai, tombol install yang anda klik akan berubah menjadi Tombol Active, klik pada tombol tersebut dan theme woostify sudah aktif.

Setelah instalasi theme berhasil, Anda akan di hadapakan dengan step selnajutnya yaitu menginstall library woostify. Secara default, library woostify akan muncul berupa notifikasi setelah instalasi selesai, Klik pada link yang sudah di sediakan.

image 28

Setelah step diatas, klik pada tombol Install Woostify Library.

image 29

Proses instalasi library biasanya tertantung pada server dan koneksi internet. Setelah prosess install selesai klik kembali tombol diatas yang sudah berganti dengan text Import Demo.

image 30

Install Demo Woostify

Proses install ini bertujuan untuk mensetting tampilan, menu, dan settingan lainnya mengikuti demo atau sitis contoh yang sudah di sediakan oleh tim woostify.

Ketika tombol diatas di klik, maka akan diarahkan ke halaman wizard untuk instalasi demo woostify.

image 31

Untuk woostify versi free, demo hanya ada dua varian saja. Untuk mendapatkan banyak demo, anda bisa beli paket pro di website resminya disini.

image 32
Demo website woostify versi free

Silahkan pilih salah satu yang cocok dengan tipe website toko online yang akan anda bangun. Disini saya menggunakan theme di bagian kiri. Silahkan klik pada tombol Select dan klik pada tombol next di kanan bawah menu.

Proses selanjutnya adalah menginstall plugin wajib untuk theme woostify. Pada stepp ini silahkan centang semua pilihan karena ini sangat direkomendasikan utnuk di pasang.

image 33

Proses instalasi plugin ini memakan waktu sekitar 2 menitan tegantung pada speed internet dan server yang anda miliki.

Step selanutnya dalah mengistall Demo terlebih dahulu supaya tampilannya mirip dan setidaknya ada gaabran contoh dari toko online itu sendiri. Pada stttep ini Klik saja tombol Start Import. Dan Tungu beberap saat.

image 34

Jika sudah seperti di atas, berarti Anda sudah berhasil menginstall theme dan plugin basic untuk membuat website toko online. Step selanjutnya dalah kita akan mensetting logo, menu, halaman dan lainnya. pantengin terus ya. Pada tampilan diatas, klik pada tombol View Your Website dan anda akan di arahkan ke halaman utama website.

Dalam beberapa kasus, tampilan pada website biasanya akan memberikan tampilan yang kurang bagus. itu dikarenakan ada plugins yang belum terinstall. Tidak perlu khawatir, anda tinggal masuk ke halaman dashboard Admin dan anda akan menemukan nama-nama pluign yang belum terinstall pada bar notifikasi dan klik link dengan tulisan”Begin Instalation“.

image 35

Ceklist semua plugin yang perlu di install, pilih Bulk Action dan pilih Install lalu klik Apply. Tunggu beberapa saat sampai instalasi selesai.

image 36

Setelah berhasil di install, klik pada text Return to Instalation page untuk mengaktifkan pluign yang sudah di install sebelumnya.

image 37

Ceklist kembali semua pluign yang perlu di aktifkan, pilih pada bulk action, lalu pilih Activate dan klik tombol Apply.

image 38

Selamat, website anda sudah jadi tapi belum siap jual hehe. Ok, tampilannya sudah emngikuti demo dan anda bisa cek kembali tampilan awal. Kira-kira akan seperti ini.

image 39
Tampilan website toko online menggunakan theme woostify

5. Setting Plugins Woocommerce

Setelah proses import demo, settingan pada woocommerce masih dalam bentuk default, maka dari itu, kita harus setting woocommerce terlebih dahulu.

Woocommerce sendiri adalah sebuah pluigns WordPress yang berfungsi sebagai sistem dalam penjulan suatu website yang di bangung dengan WordPress. Dengan woocommerce, kita bisa tambah barang, update barang, memberi harga, melakukan transaksi hingga terintegrasi dengan pluign ongkos kirim dan hal lainnya yang bersangkutan dengan transaksi di dalam website toko online yang yang akan kita bangun.

Pada Halaman Adashboard Admin klik menu Woocommerce dan akan secara otomatis diarahkan ke halaman setup wizard woocommerce seperti pada tampilan berikut.

image 46

Isi semua formulir yang muncul pada setup wizard Woocommerce mulai dari alamat, sampai kode post.

image 47

Selanjutnya isi kategori online store yang akan kita bangun. Dalam kasus ini saya akan memilih kategori fashion seperti berikut.

image 48

Selanjutnya memilih tipe produk yang dijual. Karena saya memilih fashion, maka saya akan memilih type Physical product yang artinya produk yang berbentuk fisik (Produk yang memerlukan pengiriman seperti jne dll).

Untuk produk virtual seperti ebook, kursus dan lain-lain bisa dengan memilih Downloads.

image 49

Pilihan selanjutnya adalah mengisi detail bisnis, di step ini silahkan sesuaikan dengan website dan bisnis yang anda jalankan.

image 50

Pilihan add-in diatas itu opsional jadi adan bisa menonaktifkan opsi seperti facebook, mailchimp dll jika memang tidak dibutuhkan.

Untuk theme woostify, anda akan diminta memilih kembali theme, cukup klik pada theem aygn sudah aktif saja untuk emnghindari double data.

image 51

Dalam beberapa kasus, anda akan di tawari install plugins jetpack, saya lewati saja karena memang saya tidak terlalu butuh. Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan.

Proses setting Woocommerce default sudah selesai. Selanjutnya setting Mata uang. Untuk woocommerce versi baru jika kita setting diawal dengan negara indonesia, maka mata uang akan berubah menjadi Rupiah. pastikan kembalisettingannya dengan masuk ke menu. Woocommerce > Settings > General.

6. Install Plugin Tambahan

Oke, pasa tahap ini, kita akan menginstall pluin tambahan atau aplikasi atau bisa juga di sebut add-ons tambahan untuk melengkapi web toko onlien yang kita bangun, pluignnya diatara lain:

  1. Plugins Ongkos Kirim (Rekomendasi)
  2. Plugins Notifikasi WhatsApp ketika ada order masuk (Rekomendasi)

6.1. Install Plugins Ongkos Kirim

Ok, setiap negara pasti memiliki sitem ongkos kirim masing-masing sesuai dengan vendor ekspedisi. Untuk toko online di indonesia kita sudah diberikan fasilitas ongkos kirim untuk mendeteksi berapa kira-kira ongkos kirim dari alamt toko ke alamt pembeli. Jumlah tersebut akan di kalkulasikan dengan harga barang ayang nantinya akan di proses di pembayaran.

Untuk membuat Website toko online dengan jenis produk virtual atau digital product, anda tidak perlu mengaktifkan dan menyeting pluigns ongkos kirim ini karena pengiriman bisa langsung lewat email atau dashboard pembeli.

Pada halaman dashboard, arahkan mouse anda ke menu pluigins dan pilih Add New.

image 40

Pada kolom pencarian, ketikan “Ongkir” dan akan muncul list plugins ongkos kirim. Saya biasa menggunakan yang versi gratis dari jogja camp saja karena sudah mencakup kebutuhan client saya untuk membuat toko onlinenya. Klik pada tomboll Install Now.

Baca Juga :   Cara Membuat Sticky Header di Elementor Free
image 41

Tunggu proses instalasi selesai dan klik pada tombol “Activate“.

Setting Plugin Ongkos Kirim dari Jogja Camp

Membuat Website Toko Online

Selain dengan cara diatas, anda bisa juga setting lewat menu Woocommerce > Settings > Shipping.

image 43

Pada halaman diatas anda bisa seting jasa ekspedisi mana yang akan anda gunakan untuk kebutuhan toko anda dalam mengirim barang dagangan ke pembeli. Pada plguins ini ada dua versi dimana versi berbayar bisa memberikan anda fitur ekspedisi lain yang bisa digunakan. Untuk versi free sendiri sudah ada ongkir dari JNE REG, JNE OKE, Tiki Reg, Pos Kilat, Pos Express, Wahana, Sicepat,dan J&T Express.

Saya rasa ekspedisi diatas sudah cukup untuk memenuhi kebutuhan pengiriman anda. Jika dirasa kurang, anda bisa beli versi pronya di situs reminya.

Pastikan and ajuga mengisi semua bidang yang ada pada halamn ongkir tersebut dengan benar seperti alamat toko dll.

image 44

Setelah selesai jangan lupa save.

Plugin ini akan mengkalkulasi jumlah harga dan ongkos kirim di akhir pesanan. Anda bisa coba dengan order pada halaman Checkout.

image 53
Plugin ongkos kirim setelah di setting pada woocommerce dan woostify theme

6.2. Install dan Setting Plugins Notifikasi WhatsApp (Fonnte)

Note: Plugins ini berbayar. Bisa dilewati jika tidak ingin menggunakan fitur ini.

Notifikasi adalah hal penting dalam sebuah toko online dimana dengan notifikasi ini kita bisa mendapatkan notifikasi dan memberikan notifikasi kepada admin dan juga customer yang membeli produk di website toko online yang kita bangun.

Kali ini kita akan menggunakan plugins buatan anak bangsa yang sangat membantu kita adalam urusan notifikasi pesanan. namanya Fonnte.

Untuk mendapatkan plugins ini silahkan download dan daftar akun fonnte Disini.

Setelah mendownload plugins fonnte, silahkan masuk ke halaman admin dan klik pada Add new Pluigns. Lalu klik pada tombol uploads.

image 54

Pilih file plugins yang sudah di download dan aktifkan. jika sudah diaktifkan silahkan masuk ke menu WACOMMERCE.

image 55

Silahkan masukan Token, nomor admin yang ada di halaman Admin atau dashboard Fonnte yang sudah anda daftarkan tadi. Token ada di halaman API Document.

image 58
image 57

Setelah setting token, anda harus setting template pesan untuk nantinya dikirimkan secara otomatis setiap kalia da pesanana taupun keterlambatan pemesanan. dengan cara masuk ke tab Pesan di halaman WACommerce.

image 59
Setting sesuai data pada toko anda

Jangan lupa untuk setting cron job, intruksi ada pada tab Cron Job.

Untuk mengetahui apakah plugins sudah terpasang dengan benar, anda bisa melakukan order pada produk demo yang sudah di buat.

6.3. Setting Metode Pembayaran

Secara default, woocommece memberikan opsi metode pembayaran (Bank Transfer, Paypal, Cek dan COD). Kita akan setting pembayran Manual Bank Transfer. Dengan metode ini, kita bisa tambahkan opsti bank apa saja yang toko online kita miliki.

Pada Halaman Admin masuk ke Woocommerce > Setting > Payments. Pada opsi Direct Bank, klik Manage.

image 60

Isi semua bidang yang diperlukan, perhatikan contoh yang saya buat sebagai acuan. Jangan lupa save settingan.

Untuk mengetest keberhasilan settingan, silahkan lakukan order pada produk demo yang sudah di import sebelumnya. Pada umunya setiap hosting sudah melengkapi wordpressnya dengan fitur Email SMTP. Ketika kita order, maka customer akan mendapatkan notifikasi detail order beserta nomor rekening seperti pada contoh berikut.

image 61

7. Membuat Halaman Konfirmasi Pesanan

Dikarenakan kita menggunakan metode pembayaran manual atau bank transfer, Ada baiknya kita membuat halaman konfirmasi pembayaran untuk berjaga-jaga admin lupa cek mutasi dan cek orderan di website.

Dengan halaman ini juga kita bisa secara rutin melihat update pada orderan.

Disini saya akan buat yang paling simple saja untuk mempersingkat tutorial. Anda bisa gunakan plugin form jika memang diperlukan.

Anda bisa menggunakan google form, atau dengan pluign form lainnya untuk membuat halaman konfirmasi. Disini supaya cepat saja saya akan berikan tutorial lewat google form saja.

Tutorial cara membuat halaman konfirmasi pesanan akan saya buatkan di postingan lainnya supaya postingannya lebih jelas.

Silahkan kunjungi google form dan buat form dengan foramat, Nama lengkap, Nomor rekening, jumlah trasfer, nomor order, Screenshoot.

Setelah selesai membuat form, silahkan copy kode form.

image 62

Pada halaman Admin website, masuk ke Pages/Halaman > Add New. Beri nama Konfirmasi Pesanan.

Paste kode yang tadi di copy di google form kedalam halaman dengan mode code dan Publish.

image 63

Untuk memasukan halaman konfirmasi ke dalam menu di website silahkan masuk ke admin > appearance > menu. Tambahkan Menu di sebelah kiri untuk masuk ke item menu. Jangan lupa di save.

8. Cara Posting Produk di Woocommerce

Alur membuat website toko online ternyata anjang ya. Oke sudah mulai pusing? Setelah setting-setting, kita akan coba membuat atau memposting produk pertama kita di Woocommerce.

Pada Dashbaord Admin, silahkan klik Produk dan klik Add New.

image 64

Isi semua bidang yang diperlukan seperti judul, deskripsi, kategori, galeri, deskripsi singkat, gambar produk (Cover).

image 65

Setelah setting detail produk, silahkan isi juga detail harga produk, berat produk hingga inventori. Semua bisa di fahami dengan mudah pada kolom paling bawah.

image 66

Jangan lupa untuk publish setiap kali membuat produk supaya bisa di munculkan di masing-masing produk.

image 67

Pada Dasarnya, theme woostify sudah mensetting semua keperluan woocommerce, jadi kita sebenanrya hanya perlu setting sedikit saja. seperti yang saya infokan diatas. DIkarenakan tutorialnya berbentuk blog, maka ini terlihat panjang. Step ini jika di kerjakan orang yang sudah mahir dan mengerti, maka bisa di kerjakan dalam waktu 30 menit diluar verifikasi pihak ketiga.

9. Test Order di Web Toko Online

Oke, secara basic disini kita sudah selesai setting-setting website toko online yang akan kita pakai. Selebihnya tinggal setting slide, hapus file-file demo dan juga mengatur kembali menu.

Adapun beberapa hal yang memang menjadi rekomendasi untuk di pasang seperti plugins chat whatapp, plugin live chat, plugins instagram feed dan lainnya yang akan mendukung dalam membuat website toko online yang di bangung. Itu semua kembali ke masing-masing dan jika butuh tutorialnya bisa masukan saja di kolom komentar requestnya untuk saya buatka tutorial secara terpisah.

Mungkin ini saja yang bisa saya sampaikan tentang cara membuat website toko online sendiri. Kurangnya minta maaf, lebihnya ambil aja.

Jika anda merasa masih belum bisa menyelesaikan tutorial ini atau anda memiliki kendala dalam membuat website toko online dengan tutorial ini, silahkan anda berkomentar dan saya akan coba bantu. Jika anda juga mebutuhkan jasa saya untuk mensetting ataupun membuat toko onelin anda sendiri, bisa hubugni saya kapan saja di 085894649407 (wa).

Share jika bermanfaat dan komentar jika ada salah. Salam Sukses.

Sniped FAQ

Bagaimana Cara membuka Toko Online Sendiri?

Ada banyak cara untuk membuka toko online anda sendiri. Bisa lewat marktplace bisa juga dengan membuat website toko online seperti yang saya buatkan pada tutorial kali ini tentang cara membuat toko online sendiri dari awal.

Apa saja yang dibutuhkan dalam membuat website toko online shop?

Adapun hal yang dibuthkan untuk membuat website toko online adalah Hosting, Domain, Theme Woostify, Plugins Woocommerce, dan plugins pendukung lainnya.

2 thoughts on “[Tutorial Lengkap] – Membuat Website Toko Online Dari 0 (Nol) Sampai Siap Jual”

Leave a Comment