Studi Kasus Tiktok Part 1, 800 Leads Affiliasi Dalam Waktu 1 Minggu

3 min read

Affiliate Marketing sampai saat ini masih banyak diminati oleh para pemain bisnis online. Pada kesempatan kali ini, saya akan coba share studi kasus cara saya mendapatkan traffic dari sosial media Tiktok untuk mendapatkan 800 lebih leads atau sales dalam waktu satu minggu. Semoga pada pembahasan studi kasus pertama tentang tiktok ini bisa memberikan pencerahakn untuk kawan-kawan mencari cuan di dunia digital dikala situasi pandemi kali ini.

Konten studi kasus Tiktok ini akan saya bagi ke banyak part dimana saya akan akan melakukan studi kasus diberbagai niche atau kategori konten untuk mendapatkan traffic dengan berbagai macam hasil mulai dari traffic untuk affiliasi, dropship, adsense, hingga traffic untuk toko online.

Tiktok Adalah salah satu Sosial Media Paling Terkenal disemua Kalangan

Selain Sosial Media seperti Facebook, Twitter, Instagram, Pinterest dll, Tiktok adalah salah satu candu bagi kebanyakan orang mulai dari anak muda hingga dewasa. Tak jarang kita menenui remaja sampai dewasa yang mengupload konten joged-joged dengan view rata-rata ratusan ribu bahkan jutaan dalam watu singkat.

Bukan hanya konten joged-joged, kini tiktok sudah merambah ke banyak hal mulai dari konten berita, gosip, candaan atau hiburan, bahkan sampai manjadi ajang pamer kekayaan. Dari hal yang saya sebutkan diatas, saya bisa tarik kesimpulan bahwa dari banyaknya sub kategori konten yang ada disana, Tiktok bisa menjadi salah satu ladang bisnis untuk kita garap terutama kita para penggiat bisnis digital dalam bidang apapun.

Studi kasus tiktok bagian pertama
Hasil Organik Tanpa Iklan dalam waktu 1 Minggu
cara mendapatkan traffic ribuan dari tiktok lewat studi kasusu tiktok bagian pertama
Analitik Konten video tiktom dalam waktu satu minggu
Total Register user ke link affiliasi selama satu minggu
Penghasilan dari user yang mendaftar dan melakukan pembayaran dalam waktu satu minggu
Studi Kasus Tiktok
Video tiktok viral dalam waktu satu hari tembus 400rb view

Diatas adalah spoiler dari salah satu akun yang saya kelola dalam waktu 1 minggu kebelakang. Diclaimer on, AKun tersebut dibuat lebih dari satu bulan dan saya gunakan untuk berinteraksi dengan konten lain juga (Hanya berinteraksi dan bukan mengajak untuk follow dan sejenisnya).

Tiktok Bukan lagi untuk bersenang-senang

Oke, mungkin ini sudah pada ngerti lah ya, selain hanya untuk menghibur, ternyata tiktok bisa juga kita gunakan sebagai sumber sarana mencari cuan dalam banyak sub kategori bisnis. Saya akan mulai dengan niche yang saya kerjakan, pembuatan konten, hashtag, musik.

1. Menentukan Niche Konten Tiktok Untuk Affiliasi

Disini saya menggunakan niche Keuangan (Trading) khususnya trading binary option. Mungkin kawan-kawan sudah tahu lah ya yang mana dan tidak perlu saya sebutkan juga. Pemilihan niche ini bukan sekedar karena menjanjikan semata, konten berupa trading ini memang salah satu yang saya fahami dan bisa saja jadikan konten.

2. Pembuatan Konten

Untuk konten sendiri saya membuat video tentang tips trading, cara melakukan trading untuk pemula dan juga menggunakan media tutorial singkat bagaimana cara trading option. Konten ini cukup sensitif dimana sebenanrnya konten tentang keuangan yang menyesatkan akan di blokir dan di hapus videonya. Dalam hal Trading option, Tiktok sempat beberapa kali memblokir video saya yang sudah tembus sampai 20rb view dalam sehari dengan alasan konten ilegal dan produk penipuan.

Laporan tersebut saya terima langsung dari pihak tiktok dimana sebenarnya video tersebut hanya berisi tentang tutotial singkat menentukan pergerakan pasar lewat Pola candlestick. Disini ada unsur hoki dalam membuat postingan dengan niche trading dan keuangan. (NOTE : Jangan gunakan nama produk atau broker dalam postingan video tiktok karena itu akan mengundang masalah suspend sementara seperti akun saya beberapa hari lalu atau bisa juga banned permanen).

Untuk editing konten saya tidak menggunakan tools khusus, hanya memperlihatkan 20 detik terakhir saya open posisi yang menguntungkan untuk menarik atensi penonton. Tidak ada software khusus yang saya pakai untuk editing, saya hanya upload langsung dan isi dengan musik yang ada di tiktok.

3. Penggunaan Hashtag

Untuk Penggunaan Hastag saya rasa memiliki dampak yang cukup besar terhadap konten yang kita posting seperti hashtag #fyp #foryoupage #hidupbebasderama #xyzbca dan hashtag lainnya yang memiliki tingkat posting yang tinggi sampai milyaran post di hastga tersebut. Selain memilih hashtag populer, saya juga menggunakna hashtag yang memiliki keterkaitan dengan konten yang saya post seperti misal #tarding #binaryoption #binance#crypto #bitcoin #trader dll yang memiliki kesamaan dengan konten yang kita posting. Dengan penggunaan hashtag yang tepat, tiktok juga akan semaksimal mungkin merekomendasikan video yang kita upload untuk ditayangkan di feed atau beranda tiktok pengguna lain yang memiliki ketertarikan terhadap konten yang kita posting.

Penggunana Musik di Tiktok adalah salah satu hal yang penting juga dimana kita bisa gunakna musik yang sedang trend saat itu, caranya simpel sih, cukup masuk ke beranda tiktok kalian dan coba cari konten dengan views banyak. Biasanya musik yang sedang viral akan sering muncul di beranda kita setiap beberapa kali slide. Atau bisa juga dengan cara masuk ke menu pencarian atau discovery.

Atau bisa juga mencari musik yang sedang trend ketika kita masuk halaman edit sebelum memposting video dan masuk ke menu Suara, Klik Lainnya Pilih opsi Viral. Penggunaan musik viral juga mempengaruhi discovery konten kita untuk masuk ke halaman feed pengguna lain.

Salah satu video saya yang mendapatkan 400rb views lebih tersebut menggunakan musik dengan judul 1,2,3,4 (One, Two, Three, Four) – Fun Elektro Mix – Funbeat.

5. Konsistensi Posting

Saya rasa ini yang sangat penting. Sebelum saya mendapatkan 400rb views untuk satu video diatas, saya sudah memposting lebih dari 20 postingan sebelumnya dengan niche yang tetap sama. Dengan konsisitensi di niche yang kita target, tiktok akan dengan mudah menentukan harus diberikan kemana konten tersebut.

Traffic yang masuk untuk artikel yang di pasang di bio tiktok
Sumber Traffic dari tiktok

Saya rasa sampai disini postingan tentang studi kasus tiktok part 1. Kedepannya saya akan coba update dan share studi kasus cara mendapatkan traffic dari tiktok lewat video viral. Semoga Artikel ini bermanfaat. Jika dirasa masih ada yang kurang atau salah, mohon di koreksi di kolom komentar. Share jika artikel ini bermanfaat. Salam.

Last Update Pembayaran 3 Agustus 2021

Jadi saya sudah dapat pembayaran dari total membuat konten tiktok dengan hasil akhir konversi ke website dengan jumlah total 979 Leads.

Adapun total pembarayan yang saya dapat sekitar Rp. 12.397.231 Mantap lah satu bulan kurang bisa segitu hahaha. Awalnya sempat dikirim 9 juta. Saya kira itu akal-akalan tim affiliasi ternyata kesalahan sistem dan setelahnya di transfer sisanya ke akun rekening saya.

Rekap transfer dari affiliasi satu bulan kurang terakhir (Juli)
Pembayran pertama di tgl 2 agustus 2021
Keterlamatan pembayaran karena kesalahan sistem di tanggal 4 agustus 2021

Update terakhir akun saya kena blokir permanen karena salah satu post saya ternyata melanggar dan akan saya coba buat baru lagi dari awal.

8 Replies to “Studi Kasus Tiktok Part 1, 800 Leads Affiliasi Dalam…”

  1. Ilmu baru bagi saya om, sebelumnya hanya fokus cari traffik di google saja, terimakasih sangat menginspirasi.

  2. Salam kenal Bang, baca artikelnya langsung tertarik dengan topiknya. Btw lagi mendalami pemanfaatan TikTok secara positif dan maksimal nih Bang. Btw kalau boleh tahu akun TikTok nya apa ya namanya? Thanks…

    1. Salam Kenal juga mas, seperti yang saya info di credit post, akun saya kena blokir permanen.
      Saat ini saya coba bikin dari awal lagi dengan konten trading yang masih sama.
      berikut Akun saya yang baru dibuat https://www.tiktok.com/@mangeriks2

      Saya sempat beli satu akun tiktok dengan followers 2700 lebih dan ternyata kalau dari awalnya bukan konten satu niche, videonya tidak akan mendapat view banyak.

      Itu akun yg dibuat dari awal saja baru 53 followers sudah bisa dapat 300 views sekali post. Akun beli paling gede cuma dapet 70 views.

      Saran saya jangan beli akun yang tidak satu niche. Jika ingin beli akun usahakan satu niche sesuai dengan niche yang akan kita garap.

      Ternyata setelah saya cek, tiktok akan sulit menentukan kemana post kita akan di sebar karena akun beli biasnaya satu niche agama dll tiba-tiba d ganti ke niche jualan misal, Maka hasilnya sudah di pastikan nol.

      Salam kenal.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *